Senin, 05 Desember 2011

MANUSIA DAN KEINDAHAN




Terumbu Karang
Terumbu karang adalah salah satu komponen utama sumber daya pesisir dan laut utama. Terumbu karang merupakan kumpulan fauna laut yang berkumpul menjadi satu membentuk terumbu. Struktur tubuh karang banyak terdiri atas kalsium dan karbon. Hewan ini hidup dengan memakan berbagai mikro organisme yang hidup melayang di kolom perairan laut. Diperkirakan luas terumbu karang yang terdapat di perairan Indonesia adalah lebih dari 60.000 km2, yang tersebar luas dari perairan Kawasan Barat Indonesia sampai Kawasan Timur Indonesia
Terumbu karang mengandung berbagai manfaat yang sangat besar dan beragam, baik secara ekologi maupun ekomi
Manfaat dari terumbu karang yang langsung adalah pemanfaatan sumber daya ikan, batu karang, pariwisata, penelitian dan pemanfaatan biota perairan lainnya yang terkandung di dalamnya.
Manfaat dari terumbu karng secara tidak langsung adalah seperti fungsi terumbu karang sebagai penahan abrasi pantai, keanekaragaman hayati dan lain sebagainya.
Terumbu karang memiliki berbagai jenis yaitu:
a. Terumbu karang tepi
b. Terumbu karang penghalang
c. Terumbu karang cincinn
d. Terumbu karang datar
Hutan Bakau/ Manggrove
Hutan Bakau (mangrove) merupakan komunitas vegetasi pantai tropis, yang didominasi oleh beberapa jenis pohon mangrove yang mampu tumbuh dan berkembang pada daerah pasang surut pantai berlumpur. Bakau adalah nama sekelompok tumbuhan dari marga Rhizophora, suku Rhizophoraceae. Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri yang menyolok berupa akar tunjang yang besar dan berkayu, pucuk yang tertutup daun penumpu yang meruncing, serta buah yang berkecambah serta berakar ketika masih di pohon (vivipar).

Jenis-jenis bakau adalah:
a. Bakau minyak
b. Bakau kurap
c. Bakau kecil
Kegunaan bakau:
a. sebagai bahan bangunan
b. bahan baku pembuat arang
c. sebagai penyeimbang ekologis dan sumber (langsung atau tidak langsung) pendapatan masyarakat pesisir
Rumput laut
Rumput laut adalah salah satu sumberdaya hayati yang terdapat di wilayah pesisir dan laut. Dalam bahasa Inggris, rumput laut diartikan sebagai seaweed. Sumberdaya ini biasanya dapat ditemui di perairan yang berasosiasi dengan keberadaan ekosistem terumbu karang. Rumput laut alam biasanya dapat hidup di atas substrat pasir dan karang mati. Beberapa daerah pantai di bagian selatan Jawa dan pantai barat Sumatera, rumput laut banyak ditemui hidup di atas karang-karang terjal yang melindungi pantai dari deburan ombak.
Manfaat rumput laut:
a. cegah kanker
b. antioksidan
Rumput laut tidak memiliki akar , batang, dan daun.
Rumput laut juga memiliki berbagaimacam bentuk yaitu:
a. bulat
b. pipih
c. tabung
d. seperti ranting dahan bercabang-cabang
Rumput laut biasanya hidup di dasar samudera yang dapat tertembus cahaya matahari. Seperti layaknya tanaman darat pada umumnya, rumput laut juga memiliki klorofil atau pigmen warna yang lain. Warna inilah yang menggolongkan jenis rumput laut
Padang Lamun
Padang lamun adalah sebuah padang yang terdapat di bawah laut yang terdiri dari tumbuhan-tumbuhan lamun. Biasanya padang lamun ini banyak terdapat binatang-binatang yang memakan daun lamun tersebut untuk hidup. Binatang-binatang yang memakan dau lamun salah satunya adalah ikan dyung atau dugong.
Hal menarik yang dapat kita lihat bahwa padang lamun atau yang di kenal dengan seagrass bukan hanya sebagai tempat mencari makan bagi duyung dan manate tapi juga tempat hidup yang sangat cocok bagi beberapa organisma kecil seperti udang dan ikan. Bahkan penyu hijau (Chelonia mydas) pun sering mengunjungi padang lamun untuk mencari makan.
Jenis-jenis lamun:
a. Enhalus acoroides
b. Cymodocea spp
c. Halodule spp
d. Halophila ovalis

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar